Jumat, 12 Oktober 2007

Al Gore Terima Nobel Perdamaian 2007

[Media Indonesia] - Mantan Wakil Presiden AS, Al Gore, Jumat (12/10) terpilih menjadi penerima Nobel Perdamaian tahun 2007. Selain Gore, Komite Nobel juga menganugerahkan penghargaan ini untuk lembaga PBB, Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC).
Dalam keterangannya, Komite Nobel mengatakan Gore dan IPCC terpilih karena dinilai telah melakukan berbagai upaya menyebarkan pengetahuan bahwa manusia telah berperan dalam terjadinya pemasasan global yang berdampak pada perubahan iklim dunia.

Gore dan IPCC juga dinilai telah meletakan dasar yang diperlukan untuk mengatasi perubahan iklim yang mengancam dunia. Gore sendiri menyatakan sangat terhormat menjadi penghargaan ini. Gore menegaskan hadiah uang yang diterima seluruhnya akan disumbangkan ke lembaga sosial Alliance for Climate Protection.

"Saya sangat terhormat menerima penghargaan Nobel Perdamaian ini. Penghargaan ini memiliki arti lebih karena saya bisa berbagi dengan IPCC, lembaga yang tidak pernah lelah bekerja selama bertahun-tahun untuk menyadarkan kita soal perubahan iklim," jelasnya. (*)

Tidak ada komentar: