Sabtu, 19 Januari 2008

Presiden Terima Pesan Persahabatan dari Kaisar Akihito

[Tempo Interaktif] -Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menerima pesan persahabatan dari Kaisar Jepang Akihito yang dibacakan langsung oleh Pangeran Akishino di Istana Merdeka, Sabtu (19/1).

"Yang disampaikan kaisar adalah gembira bahwa hubungan Indonesia-Jepang selama ini berlangsung dengan baik," kata juru bicara kepresidenan Dino Pati Djalal kepada wartawan.

Kaisar Akihito juga berharap agar hubungan Indonesia-Jepang ini terus meningkat. "Dan (kaisar) mengharapkan yang terbaik bagi pembangunan dan masa depan bangsa Indonesia," kata Dino.

Pangeran Akishino yang ditemani oleh Putri Kiko hari ini mengunjungi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Kunjungannya ini mewakili Kaisar Akihito dan pemerintah Jepang untuk merayakan 50 tahun persahabatan Indonesia-Jepang.

Pangeran Akishino mengadakan pertemuan dengan Presiden pada pukul 11.00 WIB hari ini dan dijamu makan siang oleh Presiden dan Ibu Negara Ani Yudhoyono. Akishino juga dijadwalkan akan mengunjungi Wakil Presiden Jusuf Kalla di kediamannya pukul 14.10 WIB.

Presiden, kata Dino, sangat menghargai Kaisar Jepang yang telah mengutus Pangeran dan Putri Akishino. "Ini merupakan tanda penghargaan pemerintah Jepang terhadap hubungan persahabatan Indonesia-Jepang yang besok akan mencapai 50 tahun," kata Dino.

Puncak acara 50 tahun persahabatan ini akan diadakan besok di Taman Mini Indonesia Indah. Presiden rencananya akan ikut menghadiri acara ini.

Tidak ada komentar: